Tips backpacking solo


1. Mencari info sebanyak-banyaknya tentang lokasi yang akan dituju. Info tersebut dapat dari orang yang sudah pernah kesana, media cetak, dan media elektronik. Di internet misalnya dapat melihat dan mengikuti forum indobackpacker@yahoogroups.com , info tentang bis di http://www.bismania.com , info tentang kereta api di http://www.kereta-api.co.id.
2. Rencanakan rundown perjalanan dan buat rencana cadangan kalau seandainya rencana utama tidak berjalan mulus.
3. Lihat prakiraan cuaca di lokasi yang dituju pada hari selama melakukan backpacking. prakiraan cuaca dapat dilihat di http://weather.yahoo.com/indonesia/
4. Bawa tanda pengenal (KTP, SIM, Kartu Mahasiswa, dll. Akte kelahiran, KK ga perlu dibawa kali…) dan fotocopy-annya.
5. Bawa lebih banyak uang dengan nominal kecil, simpan sebagian di tempat yang mudah untuk dikeluarkan misalnya saku jaket dan tas selempang kecil.
6. Bawa peta. Kalau antara satu objek dengan objek yang lain lumayan dekat lebih enak kan jalan kaki. Bisa juga memprint screen lokasi-lokasi yang akan dituju dari google earth. Kalau dalam rangka touring, bawa atau install GPS di hp. Aplikasi peta di hp bisa memakai google maps dan garmin GPS. peta GPS Indonesia dapat didownload di http://www.navigasi.net/goptd.php
7. Kalau masih nyasar, tanya pada petugas resmi, misalnya petugas stasiun, petugas terminal, polisi, dsb.
8. Memberi kabar ketika sampai di lokasi yang dituju pada keluarga atau teman agar bila terjadi sesuatu yang tak terduga mudah dilacak keberadaannya.
9. Jangan terlalu banyak mengekspos diri di dunia maya (terlalu banyak update status di fb, ngetweet, atau check in di foursquare). Ingat daya tahan baterai hp yang terbatas. Atur kecerahan layar hp dan profil nada dering. Bila lokasi yang dituju sama sekali tidak ada sinyal/blank spot, matikan hp atau atur dalam flight mode.
10. Bawa baterai cadangan untuk hp dan kamera. Bila habis, charge di tempat yang terpecaya (tentu dengan menanyakan boleh apa ga), misal di operator stasiun, restoran/rumah makan
11. Atur barang-barang di tas yang dibawa. Untuk barang yang jarang dipakai taruh paling bawah sedangkan barang yang sering dipakai taruh di tempat yang mudah dijangkau. Kalau bisa membawa tas selempang kecil untuk tempat catatan, tiket, kamera, tisu, permen, dan uang receh.
12. Sesuaikan pakaian yang dipakai dengan budaya dan kondisi lokasi yang dituju. Bila ke pantai, pakai bawahan dari kain dan atasan dari katun. Bawa topi, payung, dan beberapa kantong plastik untuk antisipasi. Pakai pelembab dengan SPF 20 bila ke lokasi yang panas karena terik matahari secara langsung.
13. Kalau bisa datang ke lokasi saat ada event-event tertentu. Misalnya hari jadi kota, maulud nabi bila ke kota solo, hari ke-14 bulan Kasodo bila ke Bromo.
14. Jaga kesehatan selama backpacking dan nikmati perjalanannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s