Gadget: Mempermudah Hidup atau Malah Menyulitkan Hidup


Saya akui bahwa saya emang gadget mania terutama tentang ponsel. Saya selalu mengikuti perkembangannya. ImagePonsel pertama saya adalah Nokia 8210 yang ukurannya mini namun udah punya fitur Infrared, lumayan buat ngirim-ngirim kontak. Selang beberapa bulan, ganti dengan Nokia 6610 warna perak. Pada zamannya lumayan stylish, berwarna, bisa internetan pake WAP, namun masih belum ada kameranya. Naik kelas, ponsel pun ganti lagi dan saya menjatuhkan hati saya (ecieee…) pada Nokia 6610i. ImageFiturnya sama saja dengan Nokia 6610 namun dengan tambahan kamera. Dulu, semua objek saya foto, mulai dari semut sampe materi pelajaran buat contekan. Wkwkwk.

Zaman symbian mulai booming, akhirnya saya berganti lagi dengan Nokia 6670. ImageFitur sama dengan Nokia 7610 namun lebih murah dan body ga nyeleneh. Sejak saat itu hidup saya benar-benar tergantung dari ponsel. Semua aplikasi mulai dari games, aplikasiĀ  penunjuk waktu sholat sampe musik terinstall di ponsel itu. Namun seiring berjalannya waktu dan keterbatasan waktu buat otak-atik ponsel, akhirnya balik lagi ke ponsel java dan saya memilih Sony Ericsson W550i. Ponsel ini bener-bener powerfull, speakernya aja ada tiga jadi kalo muter musik selalu jadi yang paling kenceng, game-gamenya udah 3D dan unyu-unyu, serta modelnya yang ga biasa yaitu pake model swivel atau memutar. Sebelum memakai soner W550i, saya mencoba beberapa ponsel macam Nokia N-Gage QD,Samsung V200i yang punya model flip dan kamera yg bisa diputar 180 derajat, dan LG KU380 dengan bodi geser, namun sepertinya kurang sreg aja. Wkwkwk.

Zaman kuliah sudah mulai menyukai jalan-jalan jadi harus punya gadget dengan fitur fotografi yang sip, jadi saya memilih Sony Ericsson W800i. Namun baru beberapa bulan dipake udah kena copet pas naik Kereta Ekonomi Gaya Baru Malam Selatan. Dengan mempertimbangkan lebih sering jalan-jalan, jadi memilih gadget yang tipis dan jatuh pada Sony Ericsson W302. Waktu pertama kali backpacking ke bogor dan ke Sumatra pun masih memakai ponsel ini untuk foto-foto dan hasilnya lumayan lah.

Berhubung acara jalan-jalan semakin intens, jadi saya memerlukan gadget tersendiri buat minat saya pada fotografi yang semakin besar dan akhirnya saya memilih kamera digital Olympus Mju 1010 yang cukup tough walau terkena cipratan air. Jadi saat backpacking saat itu, saya membawa 2 gadget itu dan masih cukuplah ditaruh di saku depan tas ransel.

ImageSaat jalan-jalan, saya sering sekali kesasar jadi saya memerlukan gadget yang mempunyai fitur navigation dan gadget itu jatuh pada Samsung B7320 yang beroperasi di Windows Mobile 6.1 dan Garmin Maps bisa terinstall di dalamnya. Map-nya mempunyai detil yang cukup kaya dan sangat membantu saat city tour atau touring antarkota. Kamera digital tidak mempunyai fitur selengkap DSLR, jadi saya membeli Nikon D3100 dan Tripod Excell yang ga begitu berat jadi bisa dibawa treking ke gunung atau ke pantai.

Perkembangan social media semakin menggeliat. Untuk terus terhubung dengan teman-teman (sebenernya malas aja kalo ada teman yang selalu minta PIN), akhirnya membeli Blackberry 9300 dan untuk hiburannya dengan memakai Apple Ipod 4th. Biar ngeksisnya ga habis-habis, jadi perlu charger mobile dengan memakai Watson Powerbank. Hahaha

Jadi saat ini, kalo lagi backpacking ke suatu tempat harus membawa ponsel BB dan samsung dengan chargernya (untung sama-sama microUSB), powerbank dengan colokan ke port microUSB dan pin30, DSLR Nikon dengan tempat chargernya, iPod dan headset, dan Tripod. Tas ransel yang harusnya bisa buat tempat camilan jadi penuh dengan gadget dan perlengkapan pendukungnya. Ya…. kadang gadget ga selamanya mempermudah hidup.

Leave a Reply

