Green Jakarta


Banyak yang malas tinggal di Jakarta. mulai dari jalanan yang macet sampai infrastruktur untuk pejalan kaki yang semakin sempit dipotong para pedagang asongan dan bahkan motor yang melaju di trotoar. untungnya pemerintah Jakarta mempunyai program Car Free Day atau kalau di-bahasa indonesia-kan menjadi Hari Bebas Kendaraan Bermotor yang dimulai sejak tahun 2008.

Sejarah awal car free day dimulai saat krisis minyak di tahun 1973 dan disenggarakan di beberapa kota di Amerika Serikat. Kemudian menyebar ke beberapa kota di benua Eropa pada era 90an dan akhirnya sampai saat ini menyebar ke lebih dari 1500 kota di 40 negara.

Pada awalnya car free day Jakarta cuma diselenggarakan setahun sekali. Kemudian intensitasnya ditambah menjadi setiap bulan, dua mingguan dan akhirnya setiap minggu dari pukul 06.00-11.00 WIB. Dulu juga CFD Cuma diselenggarakan di Jalan Sudirman-Thamrin. Sekarang bertambah di Jalan Sisingamangaraja (Jaksel), Jalan Pemuda (Jaktim), Kawasan Kota (Jakbar), Kawasan Sunter (Jakut), dan Jalan Soeprapto (Jakpus).

ImageCar Free Day ga melulu orang tumpah ruah di jalan buat jogging tapi juga digunakan sebagai ajang promosi, seperti Java Jazz Festival on the street, lumayan gratis. kan kalau datang ke Kemayoran harus bayar dan pastinya ga cocok buat kantong mahasiswa kere seperti saya. hehehe

Menikmati alam Jakarta dengan car free day aja kan kurang seru sebelum mencoba mengeksplore taman-taman yang ada di Jakarta. Sekali dayung, dua tiga pulau terpenuhi kan? ini taman-taman di Jakarta yang bisa dikunjungi dan dekat dengan tempat pelaksanaan Car Free Day:

1. Taman Marta Tiahahu

Berhubung saya lewat Jakarta Selatan, maka gerbang pertama sebelum menuju Car Free Day di Sudirman-Thamrin adalah melalui terminal Blok M. Taman ini terletak disamping pusat perbelanjaan Blok M Square dan terminal bus Blok M dengan luas luas 20.960 m2. ciri khas taman ini adalah adanya air mancur di tengah kolam. tamannya sih biasa aja, kalau malam menjadi pusat ABG pacaran.

2. Taman Ayodya

ini taman baru yang ada di Jakarta, bahkan teman-teman saya yang asli Jakarta waktu saya ceritain tentang taman ini malah ga tau. taman ini berdiri di lahan seluas 7.500 meter persegi di sebuah lahan bekas pasar ikan hias. Di tengah taman dibuat danau seluas 1.500 meter persegi. landscape taman lumayan modern. cocoklah buat menghilangkan penat sejenak dari keramaian Jakarta.

3. Taman Langsat

Taman ini terletak di Jalan Langsat, Kebayoran Baru. Luas Taman ini kurang lebih 3,5 hektar. petunjuk paling gampang tentang taman ini adalah terletak di belakang Pasar Burung Barito. kata tukang sapu taman, di taman ini sering ada penampakan kuntilanak kalau malam atau pas sepi. Tapi waktu saya kesana kayaknya biasa aja dah. mungkin kuntilanaknya sedang rebounding di mall kali. hahaha.

4. Taman Mentengtaman menteng

Dulunya taman ini adalah lapangan Sepak Bola Persija-Menteng, yang memang telah ada sejak 1920-an, bernama Voetbalbond Indiesche Omstreken atau V.I.O.S Veld luasnya mencapai 3,4 hektar. Waktu stadionnya dibongkar, banyak yang protes karena pemda Jakarta dianggap menghancurkan cagar budaya
Pada 28 April 2007 taman ini diresmikan dan dikategorikan sebagai taman publik yang memiliki fasilitas olahraga seperti lapangan futsal, 44 sumur resapan, dan lahan parkir. Terdapat bangunan seperti piramida louvre yang fungsinya ga jelas dan ga bisa masuk. dan yang bikin konyol lagi bangunannya kaca tapi pake AC, sia-sia dong. Terdapat toilet umum yang becek tapi berbayar. taman ini hanya sekitar 15 menit jalan kaki dari Bundaran HI.

taman situ lembang5. Taman Situ Lembang

Taman ini merupakan salah satu taman tertua di Jakarta dengan luas 11.150 m2. taman ini memiliki danau kecil di tengahnya dan terdapat beberapa arena permainan air buat anak-anak. tamannya biasa aja tapi rumah-rumah yang berada di sekelilingnya benar-benar pemandangan yang sangat menakjubkan. hahaha. taman ini lumayan dekat dengan Taman Menteng.

6. Taman Suropati

Taman ini mempunyai nama tambahan “Taman persahabatan seniman ASEAN” karena ada beberapa karya seniman ASEAN yang ditaruh disini. Taman ini telah berdiri sejak zaman Belanda, dengan nama Boorgermeester Bisschopplein. Taman yang berbentuk lingkaran meliputi area seluas 16.322 m2. Tiap minggu pagi, ada kelas biola disini. menikmati kicauan burung dan alunan biola dari para calon seniman masa depan benar-benar membuat damai. taman ini juga dekat dengan taman situ lembang dan taman menteng.

kelas biola di Taman Suropati

kelas biola di Taman Suropati

7. Taman Tangkuban Perahu
Taman ini bukan terletak di Bandung Utara atau bentuknya meniru panorama Gunung Tangkuban Perahu. taman ini terletak di Jalan Tangkuban Perahu. kalau dari arah taman suropati, ikuti saja jalan ke arah selatan. tamannya kurang terawat menurut saya.

8. Taman Monas

Taman ini mengelilingi tugu Monumen Nasional (Monas). kalau ga tau Monas, kebangetan banget dah. luas tamannya mencapai 80 hektar dan terdapat penangkaran kijang di sisi selatan. kalau mau fitnes dan ga sempat ke gym, ke monas juga bisa. langsung aja ke sisi barat yang peruntukannya buat olah badan. di taman ini juga terdapat lapangan basket.

9. Lapangan Banteng

Pada zaman Belanda taman ini bernama Waterloo Plein. Ditengah taman dibangun Monumen Pembebasan Irian Barat. Taman ini mempunyai luas 4,5 hektare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s