Pantai Bentar


Kalau ingat pantai Bentar selalu ingat piknik keluarga. Adik saya  rewel banget kalau mau makan, tapi kalau makan di luar rumah meskipun makanannya ga enak tapi ya dimakan dengan lahap. Solusi yang murah adalah makanan bawa dari rumah dan dimakan di luar rumah. Tempat yang paling sering saya dan keluarga kunjungi adalah pantai Bentar di Probolinggo. Makanan disiapkan malam sebelumnya dan shubuh-shubuh kita berangkat.

Dermaga Pantai Bentar dengan Gunung Argopuro di kejauhan

Akses ke pantai Bentar cukup mudah karena dilalui bus antarkota dan antarprovinsi yang mau ke Bali dari arah Surabaya. Untuk kendaraan pribadi lebih mudah lagi, karena papan petunjuk jalan yang jelas ke spot wisata. Pantai ini terletak 7 kilometer dari kota Probolinggo atau lebih tepatnya di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

Dulunya pantai ini hanya pantai dengan semak belukar biasa, tapi oleh pemda disulap menjadi wisata pantai alternatif untuk warga Probolinggo dan sekitarnya daripada harus jauh-jauh ke Pantai Pasir Putih atau Pantai Pathek di Situbondo. Tiket masuknya murah, cuma Rp  4.000/orang belum termasuk parkir lho. Pantainya biasa saja, dengan warna coklat khas Selat Madura namun cukup bersih. Ada banyak wahana disini seperti kereta-keretaan, sepeda air, dan sebagainya. Kalau mau sewa perahu juga bisa. Dan spot utama disini tentunya adalah dermaga kayu yang membelah teluk pantai. Di setiap ujung dermaga dibangun gazebo. Mirip-mirip The Bridge di Ancol lah, tapi lebih panjang. Hati-hati pada beberapa bagian ada yang sudah keropos, toh kalaupun jatuh ke laut cuma basah aja dan paling parah ya dimakan hiu atau disengat ubur-ubur. Hahaha, semoga gak sampe kejadian lah. Kalau saya baca-baca dari Radar Bromo (anak perusahaan dari Jawa Pos untuk wilayah Pasuruan dan Probolinggo), pada bulan Januari-Maret sering terlihat hiu tutul yang vegetarian di perairan pantai. Kalau beruntung bisa melihatnya. Di sisi timur pantai, terdapat hutan bakau yang masih asri. Kalau air laut masih surut seperti di pagi hari, banyak warga lokal yang mencari kerang di sekitar hutan bakau. Ga rugilah ke pantai ini. Murah, akses gampang, dan dapat view yang menakjubkan.

2 thoughts on “Pantai Bentar

    • paiton kejauhan. setelah keluar dari kota probolinggo, pelan-pelan saja sambil sesekali menengok kiri jalan. gerbang masuknya besar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s