Jogja Expedition

Yogyakarta memang penuh kenangan. Kota yang mendapat sebutan sebagai kota pelajar ini masih  memegang teguh adat istiadat dan budaya lokal dalam setiap aspek kehidupan di tengah gempuran modernisasi dan westernisasi. Seingat saya, waktu SD masih sering ke kota ini, dan yang paling terakhir waktu zaman SMA untuk tugas sejarah.  Dan yang paling masih saya ingat adalah waktu perpisahan SD ke kota ini, dimana saya, teman-teman dan guru saya terpaksa menginap di Masjid Agung Yogyakarta karena biaya rekreasi yang kurang (duh, bakat menggembel saya rupanya sudah terbentuk sejak kecil). Karena itu, perpisahan tingkat dua zaman kuliah memilih Yogyakarta adalah sebuah pilihan yang tepat (sebenarnya karena ada teman yang siap menjadikan rumahnya sebagai basecamp untuk tidur. Hahaha ).

Saya dan beberapa teman kuliah berangkat dari Stasiun Tanah Abang Jakarta dengan kereta ekonomi Bengawan. Kereta sampai di stasiun Lempuyangan Yogyakarta tepat pukul 6.30 WIB. Saya dan beberapa teman dari grup DUREN yaitu Firman si kepala suku dari Magelang, Angga dari Banjarmasin, Sandy dari Jember, Soir dari Sidoarjo, Ari dari Jombang, Friza dari Rantauprapat, Ummi dari Binjai, dan Hepy yang menjadi host dalam acara jalan-jalan ini (lumayan mewakili Bhinneka Tunggal Ika lah nih grup J), segera menyewa mobil menuju rumah Hepy. Setelah perjalanan selama sekitar satu jam, kita sampai di rumah Hepy di kaki gunung Merapi. Karena homie-nya suasana disini, kita hanya leyeh-leyeh saja seharian dan baru sorenya keliling sekitar rumah dan melihat-lihat sawah. Malam harinya, Fery dari Klaten datang dan kita menikmati makan mie rebus bersama.

masa kecil (kurang) bahagia

Keesokan harinya, kita menuju ke Kota Yogyakarta tapi berangkatnya rada siangan karena harus meminjam kamera digital dulu ke Ucup. Untuk menuju ke kota, kita harus menerabas jalan di pekarangan orang , lalu naik bus mini dan terakhir naik Trans Jogja dan ini pertama kalinya saya naik Trans Jogja (noraknya :D). Ukuran halte Trans Jogja termasuk imut dan armada yang imut juga. Dan waktu sudah sampai di kota, kita semua kebingungan mau kemana dan akhirnya diputuskan menuju Taman Sari dengan berjalan kaki dari halte Malioboro. Pintu masuknya harus lewat pasar terlebih dahulu tanpa adanya papan petunjuk. Taman Sari yang sekarang adalah puing dari masterpiece bangunan yang dibangun pada zaman Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1758 dan dahulu luasnya mencapai 10 hektar. Dahulu, Taman Sari digunakan sebagai pemandian raja dan keluarganya serta tempat bermeditasi. Mitosnya, ada sebuah lorong yang terhubung dengan Pantai Parangkusumo tapi saya waktu itu belum melihatnya (jangan sampailah nyasar sejauh itu. Hehehe ). Setelah puas berfoto-foto, kita kembali ke Malioboro untuk mengunjungi Benteng Vredeburg yang untungnya gratis karena adanya Pasar Seni di dalamnya. Malam hari, kita gunakan buat berbelanja oleh-oleh di sepanjang Jalan Malioboro.

ga perlu ikutan Dunia Lain buat ngliat penampakan😀

view kota jogja dari Taman Sari

Hari berikutnya, kita menyewa mobil avanza untuk berwisata ke pantai BKK (Baron, Kukup, Krakal) yang berada di kabupaten Gunung Kidul. Bayangkan 11 orang (karena ketambahan Agus dari Purworejo plus sopir) harus berjejalan di mobil itu dengan perjalanan yang lumayan lama menuju Gunung Kidul, tapi kita semua tetap senang (and Thanks God, saya waktu itu masih langsing. Wkwkwk). Pantai pertama yang kita kunjungi adalah Pantai Baron. Pantai yang terletak 40 km dari Yogyakarta ini berpasir cokelat. Di pantai ini terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan), makanya banyak perahu yang tertambat disini. Untuk melihat keindahannya harus naik ke bukit dan akan terlihat teluk yang menciptakan Pantai Baron dan dari kejauhan terlihat Pantai Kukup.Pantai berikutnya adalah Pantai Kukup yang hanya berjarak 1 km dari Pantai Baron. Sebenarnya dari Pantai Baron bisa ke Pantai Kukup dengan menyisir bukit di pesisir pantainya, tapi apa gunanya dong nyewa mobil kalo ga digunakan? Hahaha. Pantai Kukup memiliki pasir dengan warna yang lebih bright daripada yang di Baron. Pantainya lebih sempit namun terdapat banyak karang yang menambah keeksotisan pantai ini. Ciri khas dari pantai ini adalah terdapat sebuah pondok di atas karang. Hmmm, hampir mirip pantai Balekambang di Malang. Di pantai ini, kita menggelar tikar untuk bersantap siang dengan makanan homemade dari Hepy. Yummy… Pantai berikutnya adalah  Pantai Krakal yang berjarak 6 km dari Pantai Kukup. Pantainya memanjang dan luas. Karena telah sore, pantai menjadi surut dan terlihat karang-karang di dasarnya. Disini kita hanya mencari biota laut di sekitar karangnya dan tentunya melihat sunset.

Pantai Baron

pantai Kukup

lomba lari di Pantai Krakal

Full Team di Pantai Krakal

Hari ke-4 semua orang telah tepar karena jalan-jalan di pantai kemarin. Jadinya sepanjang hari hanya molor saja di rumah. Malam harinya, kita bermain kartu sampai larut malam. Yang kalah dicoret mukanya pake bedak dan makan satu buah getuk yang pada beberapa jam sebelumnya kita bikin bersama. Alhasil, tidur kekenyangan karena mabuk getuk. Hari ke-5 berlanjut mengunjungi candi Prambanan dengan motor. Kita lewat shortcut sehingga perjalanan lebih cepat dan disinilah perjalanan saya berakhir. Saya harus pulang kampung ke Pasuruan dan teman-teman yang lain masih melanjutkan perjalanan ke Magelang sampai liburan semester berakhir.

kelas memasak: bikin gethuk

Pose dulu di Candi Prambanan

Special thanks for Hepy dan keluarga yang bersedia menampung kita selama di Jogja dan tentunya teman-teman DUREN yang ikut jalan-jalan ini; without you, this journey is impossible. FYI, file foto untuk jalan-jalan ini masih memegang rekor untuk foto terbanyak, 1.571 files bo’. Ckckck