Adu Nasi Goreng Pedas: Nasi Goreng Jancuk vs Nasi Goreng Pak Tofa


Makanan pedas mempunyai kelas tersendiri bagi para pecinta kuliner. Makanan pedas mulai booming dan mendapat tempat saat adanya kripik Maicih dengan berbagai level kepedasan yang berlanjut dengan makanan-makanan lain yang dibuat versi pedas untuk menambah keunikannya. Kali ini saya akan mengupas makanan pedas untuk jenis nasi goreng. Bagi saya, nasi goreng adalah makanan favorit karena enak, mudah didapatkan dimana saja, dan gampang membuatnya :

1. Nasi Goreng Jancuk

jangan lupa dibaca dulu aturan mainnya

Nasi goreng ini telah menjadi salah satu ikon kuliner kota Surabaya. Saya mencobanya saat menemani jalan-jalan teman saya yang berasal dari Jateng, Bowo dan Putra, di kota pahlawan. Saya ditanya tentang yang khas dari kota ini. Ya udah saya antar mencoba kuliner ini, apalagi dengan letaknya yang mudah dilalui (karena saya juga benar-benar buta arah kalau di Surabaya). Nasi Goreng Jancuk adalah kreasi dari Manager Food And Beverage Surabaya Plaza Hotel (SPH), Eko Sugeng Purwanto, yang menghabiskan 1 ons cabe. Kita memesan 1 paket yang berisi sewajan nasi goreng untuk 5 porsi dan sepitcher teh manis dingin. Beberapa sendok awal masih biasa, tapi pas suapan berikutnya saya terpaksa harus melambaikan tangan ke kamera (emang Dunia Lain. Hahaha). Saya melihat dua teman saya, kelihatan juga sudah menyerah. Nasi gorengnya baru habis seperempat wajan, tapi teh manisnya sudah habis ¾ pitcher. Rasa nasi goreng ini cuma pedas, pedas, dan pedas. Pokoke nasi gorenge juancuki tenan….

Info

Alamat : Surabaya Plaza Hotel (di belakang Plaza Surabaya)

Telepon: 031-5316833

Penilaian (7.8/10)

Rasa           : 7/10

Tampilan      : 8/10

Harga          : 6/10

Pelayanan   : 8/10

Atmosphere : 8/10

Pedas         : 9/10 (combo poin)

nasi gorengnya disajikan langsung dari pan

2. Nasi Goreng Pak Tofa

Ini sih sebenarnya nasi goreng warung biasa. Nama warungnya adalah Doa Ibu, tapi berhubung yang jual namanya Pak Tofa jadi kalau mau tanya-tanya bilang aja Nasi Goreng Pak Tofa ada dimana. Saya mengetahuinya dari cerita teman saat masih bekerja di Mojokerto dan baru saat bekerja di Jombang berhasil mencicipinya. Saya mencobanya ditemani Anggi, teman kos saya, dan Sheka, teman les saya. Letaknya nyempil di utara kuburan di belakang Pasar Legi. Pedasnya bisa disesuaikan. Waktu itu saya dan kedua teman saya memesan nasi goreng dengan sambal 1 centhung (sendok sayur). Setelah disajikan dan kita makan, hoahhhh…. mulut dan perut terasa kebakar namun bumbunya yang segar masih terasa. Nasi gorengnya sendiri seperti kebanyakan minyak goreng, namun tertutupi dengan kombinasi kecap dan saos apalagi ditambahkan potongan tomat segar didalamnya. Menurut saya, this is the most delicious nasi goreng, i’ve ever eaten in Jombang. Setelah ngobrol-ngobrol dengan Pak Tofa sendiri, rekor disini adalah 24 centhung untuk seporsi mie benyek (mie goreng) sedangkan untuk nasi goreng adalah 18 centhung. Ini aja yang satu centhung buat bertiga udah super pedas, apalagi yang 18 centhung. Gak bayangin deh…

Penilaian (7.8/10)

Rasa            : 9/10

Tampilan       : 6/10

Harga           : 8/10

Pelayanan    : 6/10

Atmosphere  : 6/10

Pedas          : 10/10 (combo poin)

14 thoughts on “Adu Nasi Goreng Pedas: Nasi Goreng Jancuk vs Nasi Goreng Pak Tofa

  1. ngunu gak jak jak reeeeeeeekkk, ente sms aku meluncur cak hahaha, sing penting gratis haha, klo nasi goreng jancuk jujur blom pernah haha, harganya nyekek katanyah ahaa

  2. aku sing orang surabaya males mau coba nasi goreng jancuk.
    bikin mules …. hahahaha …
    thanks ya udah mampir ke blog ku

  3. Wahh… kalo nasi goreng jancuk ane belum pernah coba, klo nasi goreng pak tofa udah pernah ane… wehh mantab ajib jos glendosss pedes tenan… tempat warungnya nylempit dekat lapangan didaerah sekitar belakang pasar legi jombang, tapi rasanya yahutt…
    klo yang pengen nasgor puedes tenan cobain deh… recomended banget dah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s