Family Trip Susur Selatan Jawa I: Tanjung Papuma


Sejak punya senjata kamera baru, kalau sedang di rumah bawaannya pengen kemana gitu. Rugi kayaknya beli mahal-mahal hanya buat foto-foto di Pasuruan atau tetangganya, Probolinggo. Akhirnya disepakati jalan-jalan ke Pantai Tanjung Pasir Putih Malikan atau orang lebih mengenalnya dengan nama Tanjung Papuma, berangkat dari rumah jam 3 pagi. Jam 3 pagi??? Ciyus? Saya kan sunrise seeker, jadi ke papuma ya niatnya liat sunrise.

ikon Pantai Tanjung Papuma

Jam 1.30 pagi, saya dibangunkan nyokap buat siap-siap. Huaaaaa… ngantuknya. Gara-gara terlalu semangat, jadi malam sebelumnya bersih-bersih lensa, body kamera, dan tripod serta tak lupa browsing via bubu tentang jalan yang akan dilintasi menuju pantai Tanjung Papuma. Kakak saya dan adik saya juga masih lelap tidurnya sedangkan bonyok sudah mandi dan siap. Jam 3.30 pagi, kita sekeluarga berangkat dari rumah. Rencana awal sih, saya yang nyetir libomnya tapi berhubung sumpah ngantuknya jadi bokap aja yang nyetir. Di sepanjang perjalanan saya tidur terus, dan tahu-tahu jam 5-an pagi udah sampe Wonorejo, Lumajang. Busyet dah, cepat banget, ngebut pun saya tak tahu, kan tidur. Kita sholat shubuh berjamah dulu di pom bensin dan mulai berangkat lagi. Rute yang kita ambil adalah Wonorejo-Tanggul-Balung-Waluhan-Ambulu-Papuma. Jalan menuju Papuma rupanya satu rute dengan pantai Watu Ulo dan petunjuk jalannya jelas kok mulai dari daerah Waluhan. Maklumlah, Papuma ini kan ikon wisata baru untuk Kabupaten Jember.

Jalan menuju papuma

Jalan menuju Tanjung Papuma cukup sempit dan di sepanjang perjalanan kita disuguhi hutan jati di kanan dan kiri. Mobil kemudian menanjak menyusuri Pegunungan Watangan, dan di sebelah kiri rupanya sudah terlihat Papuma dan tentunya silver sunrise. Kyaaa… cantiknya…. sayangnya jalan lagi menanjak, jadi sulit buat mobil berhenti. Setelah terdapat gapura selamat datang, jalan masih menanjak lagi hingga loket masuk. and finally, welcome to Tanjung Papuma. Keluar dari mobil dengan sebelumnya membayar tiket mobil Rp 5000 dan Rp 1000/orang, saya pun langsung menuju pantai, menginjak-injak pasir yang selembut bedak bayi. Pasir yang putih kecoklatan, laut yang bergradasi dari cyan ke biru gelap, dan pegunungan selatan jawa yang hijau adalah sebuah kombinasi yang sempurna apalagi saya kesini bersama keluarga. Ini adalah salah satu pantai terbaik yang pernah saya kunjungi. Disini saya bermain air dan membuat istana pasir (benar-benar keliatan banget masa kecil kurang bahagia. Wkwkwk) sampai tak terasa sudah jam 9 pagi. Kita sarapan pecel di warung pinggir pantai dan kemudian melanjutkan ke Siti Inggil. Dari sinilah terlihat pantai Papuma secara keseluruhan, juga terlihat pantai Watu Ulo dan Pulau Nusa Barung di kejauhan. Saya baru ngeh mengapa disebut Papuma dari Siti Inggil. Dari atas bukit ini, berjejer tujuh batu karang yang berdiri kokok menghadapi gerusan ombak Samudra Hindia. Overall, saya cukup merekomendasikan pantai ini untuk dikunjungi, secara pantai ini masih asri karena masih di bawah naungan perhutani unit II.

Landscape Papuma yang eksotis

sarapan pecel

mari bermain airrr

jalur balik, masih terlihat laut lagi ^^

Jam 10.30 rupanya sudah cukup panas. Maklum pantai, kalau dingin ya kulkas. Hahaha… waktunya balik ke rumah. Rute pulang kali ini akan menyusuri jalur kereta non-aktif Jember-Lumajang yaitu rute Balung-Gumukmas-Kencong-Yosowilangun dan berakhir di Lumajang. Kata teman kakak saya pas ketemu di pantai Papuma sih rutenya lebih enak dan sepi. Okelah kita coba.

family trip

1  2

19 thoughts on “Family Trip Susur Selatan Jawa I: Tanjung Papuma

  1. owwhh…namanya tanjung papuma ya rupanya, dulu pernah liad fotonya namun gak tau namanya,
    nice foto mas….keren-keren landscapenya
    kmaren pas ke jatim cuma ke TNTBS aja, gak sempet ke pantai, dah gak kuat ma cuaca panas di jatim yang berkebalikan ma derah saya…hehehe
    salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s