Traveling Dadakan ke Karimunjawa (chapter I)


karimun

Koral di Karimunjawa

Yang namanya mendadak itu kebanyakan gak bagus. Apalagi urusan jalan-jalan, pasti ada aja sesuatu yang ketinggalan untuk dibawa. Contohnya waktu jalan bareng keluarga ke Banyuwangi. Karena mendadak malas di rumah, akhirnya terbesit menengok saudara jauh di Banyuwangi sekalian jalan-jalan. Malam sebelum berangkat, baju-baju di-pack seadanya ke koper. Saya tak lupa membawa kamera,tripod dan charger-nya. Sesampainya di Banyuwangi, kamera gak bisa dihidupkan. Rupanya baterai kamera ketinggalan di rumah. Alhasil foto-foto memakai kamera handphone. Hahaha

Saat senggang di kantor, saya mempunyai hobi melihat kalendar dan merencanakan liburan untuk 3 bulan sampai 1 tahun kedepan. Hobi yang aneh kan? Banget -.-“. Kenapa minimal 3 bulan harus sudah direncanakan liburannya? Alasannya agar bisa hunting tiket promo. Hukum ekonomi selalu saya terapkan dalam backpacking: meminimalkan biaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Wkwkwk. Namun untuk liburan Idul Adha tahun ini membuat saya galau. Idul Adha jatuh hari Selasa tapi sama sekali gak dapat info tentang cuti bersama di hari Senin. Saya sebenarnya sudah pesimis masalah cuti bersama karena trauma dengan beberapa liburan tahun kemarin yang banyak gagalnya karena surat dadakan dari pusat agar kantor tetap buka meskipun yang lain libur (duh, kok malah curcol sih. Hehe).

Seiring berjalannya waktu, hari sudah masuk bulan Oktober dan saya baru mendapatkan kepastian cuti bersama seminggu sebelum long weekend Idul Adha. Arrgh… saya mencari tiket untuk penerbangan ke Tanjung Redeb atau Lombok tapi harganya sudah sangat mahal dan juga belum sempat membuat itinerary. Karena kerjaan masih menggunung (intinya malas ribet) dan waktu sudah mepet, saya akhirnya memilih liburan dengan agen travel dan dengan pasrah menerima apapun yang mereka tawarkan (asal sesuai dengan kantong saya juga lho). Setelah semalaman berkonsultasi via WA dengan agen travel, saya memilih paket liburan ke Karimunjawa untuk 4 hari 3 malam. Keesokan paginya, saya mentransfer DP tanda jadi ke agen travel dan voila… satu masalah liburan telah selesai.

===Jumat Malam===

Pulang kantor langsung mencari bus jurusan Surabaya. Jombang-Surabaya ditempuh dalam waktu 2 jam, lumayan cepat untuk jumat malam. Sesampainya di Terminal Purabaya, saya segera melangkahkan kaki menuju tempat tunggu bus patas Jurusan Semarang. Satu setengah jam menunggu, bus jurusan Jepara selalu sudah penuh. Tiba-tiba di depan saya ada 2 cewek bule dengan guide-nya mengobrol sambil berjalan. Saya sih menangkap beberapa patah kata tentang kapal dari mereka. Feeling saya mengatakan pasti mereka sama seperti saya, berencana ke Karimunjawa. Ya sudah saya ikuti saja mereka yang berjalan menuju terminal bagian timur kemudian mereka masuk bus PO Indonesia jurusan Jepara. Tuh kan, feeling saya benar. Hahaha.

Tips: kalau Long Weekend, lebih baik naik bus dari Terminal Purabaya bagian barat yang biasanya digunakan para sopir untuk istirahat. Saat turun dari bus di Terminal Purabaya, jangan langsung menuju ruang tunggu penumpang tapi berjalanlah ke utara mengikuti jalan aspal (patokan utara kalo saya adalah Apartemen CITO).

Bus yang saya naiki rupanya sudah sebagian penuh penumpang padahal mesin bus belum dinyalakan dan parahnya sopir serta kondekturnya aja belum ada. Saya menanyakan ke salah satu penumpang, apakah benar bus ini menuju Jepara dan diiyakan oleh mereka. Setelah sauna selama setengah jam, AC bus akhirnya hidup juga. Tepat pukul 21.00 WIB, bus pun berangkat dari Terminal Purabaya. Untungnya yang duduk di samping saya cewek yang asik diajak ngobrol dan enaknya lagi dia membawa banyak camilan. Tuh kan, kata siapa solo traveling itu membosankan??😀

5 thoughts on “Traveling Dadakan ke Karimunjawa (chapter I)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s