Warung Bu Kris Mojokerto

By Pass Mojokerto akhir-akhir ini semakin ramai saja, bahkan macet setiap weekend. Padahal dulu kata orang-orang, ga ada yang mau lewat sana karena keangkerannya. Masih ingat kecelakaan bus Sumb*r Kenc*n* dan elf di tahun 2011? Dan sebenarnya masih banyak kecelakaan-kecelakaan lain yang tidak terekspos media. Bahkan rumornya, ada satu tempat yang sinyal operator pun tidak ada dan di tempat tersebut sering terlihat seseorang sedang menyeberang jalan secara tiba-tiba. hiiii…. Kok jadinya saya cerita horror ya -.-“

Kembali ke review makanan, salah satu tempat makan yang ramai di By Pass Mojokerto adalah Warung Bu Kris. Karena saya tipikal orang yang suka meramaikan suasana, saya jadi ikut-ikutan mencoba makanan disana. Kalau dari arah Surabaya, terletak di sebelah kiri jalan setelah SPBU By Pass. Tempat parkir kendaraan sangat luas jadi ga perlu takut ga dapat tempat parkir.

resto di mojokerto by pass copy

Karena akhir bulan dan sedang kere, saya memesan ayam bakar dan sayur asam. Untungnya saya memesan sayur asam, soalnya lalapannya hanya seiris mentimun. Untuk ayam bakarnya gak pedas dan rasanya kayak ayam coco.

Setelah saya googling tentang Warung Bu Kris, rupanya yang terkenal adalah penyet-annya. Pantas kok ayam bakar yang saya pesan rasanya biasa saja. Mungkin perlu kesini lagi untuk memesan bakwan penyetnya.

Mari makan….

Info

Alamat : JalanBy Pass Mojokerto

Penilaian (5.4/10)

Rasa             : 4/10

Tampilan         : 4/10

Harga            : 5/10

Pelayanan        : 8/10

Atmosphere      : 7/10

Advertisements

Steakhouse BJ Perdana: Resto Premium di Kota Pasuruan

Saya terkejut rupanya ada restoran spesialis steak di Kota Pasuruan namanya Steakhouse BJ Perdana. Steak house ini berada tepat di samping Hotel BJ Perdana yang lokasinya memang strategis di Jalan Sultan Agung yang tertata rapi dengan lebar jalan yang lumayan besar.Bagi saya, ini adalah sebuah kemajuan yang cukup pesat bagi kota ini setelah dibukanya kembali bioskop di komplek BCA. Hahaha.

Pukul 20.00 WIB, saya dan adik saya berangkat menuju BJ Perdana Steakhouse. Tempatnya sepi, kami satu-satunya yang datang di tempat itu. Kami duduk di meja paling pojok selatan. Setelah beberapa menit menunggu… hening… Pelayannya gak ada yang mengantarkan buku menu. Saya datangi tiga waitress yang ada di kasir.
“mas, mau pesan steak”
“ditunggu dulu ya mas”, kata salah satu waitress

Berasa pesan makan di warteg saja harus nyamperin penjualnya dulu. Saya pesan Mozzarela Steak dengan minum Happy Soda dan adik saya ikutan juga dengan minum orange juice. Saya juga meminta air putih ke waitress.

Beberapa menit kemudian datanglah 2 gelas es teh dan 2 gelas air putih.
“saya gak pesan es teh” kata saya sambil melongo
“es teh sudah satu paket dengan steak”

minumannya :)

minumannya 🙂

Beberapa saat kemudian datanglah Happy Soda yang ternyata soda gembira (saya gak kepikiran sejauh itu) dan orange juice. Orang yang makan dua saja, tapi minumnya ada enam. Sungguh kemaruk. Hahaha. Kemudian datanglah menu yang ditunggu, mozzarela steak dengan telur ceplok diatasnya! Saya kira deskripsi singkat di buku menu tentang telor yang dimaksud adalah adonan tepungnya memakai keju mozzarela dan telur. Kentang gorengnya kering dan banyak. Rasa kejunya kerasa banget. Kombinasi warna sayurannya menarik. Sayangnya ukurannya dibuat mini, jadi sulit untuk ditusuk pakai garpu, dan gosong.

steak2

steaknya dengan telor ceplok

steak3

gosong 😦

Kesimpulannya, saya sangat puas (baca: kenyang) dengan hidangannya dan kejutan-kejutan lain di dalamnya 🙂

Info
Alamat : Jalan Sultan Agung, Pasuruan

Penilaian (6.0/10)
Rasa : 6/10
Tampilan : 6/10
Harga : 6/10
Pelayanan : 4/10
Atmosphere : 8/10

Rumah Makan Lumintu

Tiap pulang ke Pasuruan, selalu heran dengan dengan rumah makan di daerah Watukosek-Mojokerto yang selalu ramai dengan parkiran yang sesak dengan mobil berbagai plat. Pengen nyoba tapi ga jadi-jadi dengan alasan yang biasa yaitu takut mahal. Wkwkwk. Pengalaman sudah membuktikan kalau tempat makan yang berada di jalan penghubung antarkota biasanya mahal karena hanya dijadikan tempat transit.

Karena rasa penasaran yang lebih besar, akhirnya saya mencoba juga dan kali ini hanya ada tiga mobil yang terparkir. Lumayan sepi daripada yang biasa saya lihat. Begitu masuk saya melihat beberapa orang yang memakai seragam polisi. Jadi ramainya tempat ini rupanya dijadikan tempat langganan tempat makan para anggota polisi. Watukosek sendiri memang sudah terkenal dengan pusat pendidikan dan markas komando brimob.

Pemesanan makanan disini persis dengan warung tegal. Tinggal nunjuk makanan yang diinginkan dan membawa sendiri makanan tersebut ke meja yang akan diduduki. Kali ini saya memilih sup dengan sambal goreng udang pete, orek tempe dan tak ketinggalan sambal tomat. Saya sebenarnya meminta porsi sambal tomatnya ditambah, eh rupanya hanya ditambah seperempat sendok makan saja. Oke, inilah efek dari kenaikan harga cabe di pasaran. Hiks L. Untuk minumnya, saya memesan jus jambu merah. Supnya lebih banyak mentimun. Potongan buncis dan wortelnya hanya 2 biji! Untung sambal goreng udang dan orek tempenya sudah pedas dan pas jadi selera makan jadi meningkat. Keringat sudah ngocor semua tapi minumannya masih belum datang. Bahkan sampai makanan sudah habis, minumannya masih ga ada. Sampai akhirnya saya konfirmasi lagi tentang pesanan saya dengan waitress-nya, baru beberapa menit kemudian minumannya datang. Emosi yang kedua adalah tentang pembayarannya yang gak teratur. Mentang-mentang saya yang paling muda dan paling cute (*ditampar wajan), saya selalu diterakhirkan. Sudah sabar ngantri dan pas giliran saya langsung diserobot yang di belakang saya, sampe tiga kali lagi. Langsung saja saya menghampiri kasir lewat samping. Nunjuk bon meja saya dan bayar. Beres…

lumintu copy

*nomnom

Info

Alamat : Jalan Raya Gempol-Mojosari (depan Pusdik Brimob Watukosek)

Penilaian (5.2/10)

Rasa                  : 7/10

Tampilan              : 5/10

Harga                 : 6/10

Pelayanan            : 2/10

Atmosphere      : 6/10

Fenomena Sambal Bu Rudy Surabaya

Semua orang membicarakan Sambal Bu Rudy Surabaya. Tiap saya mengetikkan “sambal surabaya” di mesin pencari Google, kebanyakan jawabannya mengarah kepada Sambal Bu Rudy. Apalagi sambalnya digaung-gaungkan sebagai sambal terenak se-Surabaya dan banyak dijual di forum Kaskus.Bikin penasaran banget kan?

Mumpung sedang di Surabaya, saya mencari keberadaan lokasinya. Lokasi induknya di Jalan Dharma Husada. Berhubung saya ga ngerti nama jalan di Surabaya, saya melakukan pencarian di Google Maps. Kalau dilihat di peta, jalannya panjang banget mulai dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga sampai ke ujung timur. Nyetirnya harus pelan-pelan nih karena ga ada patokan lokasi persisnya. Untungnya ada blog yang memberikan ancer-ancer lokasi Sambal Bu Rudy yang terletak di seberang SMKN 5 Surabaya. Saya memulai pencarian baru di Google Maps untuk SMKN 5. Voila, di seberang SMKN 5 sedikit ke timur ada CIMB Niaga dan Sambal Bu Rudy. Sekarang masalahnya tinggal satu, harus mencari rute ke SMKN 5 Surabaya dengan posisi mobil sudah nyasar di Kapasan Surabaya. Saya dan Mas Kholik mulai membuat rute ke SMKN 5 Surabaya di handheld masing-masing dan konyolnya rute yang ditawarkan beda (bedanya sedikit sih) padahal sama-sama memakai Google Maps. Kalau di ponsel saya, rutenya Jalan Kusuma Bangsa-belok kiri sebelum SPBU di dekat Stasiun Gubeng-Gubeng Glingsingan-tembus ke Jalan Dharmawangsa-belok kanan sampai di Jaan Dharma Husada. Kalau di tablet Mas Kholik, bedanya setelah belok kiri sebelum SPBU di dekat Stasiun Gubeng-belok kanan ke Jalan Nias-Jalan Kertajaya-Jalan Dharmawangsa-Jalan Dharma Husada. Muternya lumayan jauh. Sekedar informasi, saya memakai OS Android Jelly Bean dan Maps terbaru sedangkan Mas Kholik memakai OS Android Gingerbread. Karena OS dan Maps saya terbaru, saya pede dong dengan rute yang ditawarkan. Saat mobil masuk Gubeng Glingsingan, jalan gang lumayan lebar untuk mobil. Pas di tengah-tengah jadi sempit karena banyaknya kendaraan yang parkir di sisi gang, akhirnya puter balik dan memakai rute Maps dari Mas Kholik.

Gubeng-20130926-00610

antriannya panjaaaaaang…

Sampai di Sambal Bu Rudy saat jam makan siang. Parkiran penuh dengan mobil sampai meluber ke bahu jalan, untung masih ada yang kosong. Rumah makannya lebih mirip pabrik. Bagian depan untuk dapur, di tengah toko oleh-oleh dan tempat makannya ada di paling belakang. Kami memesan menu andalan di sini, Nasi udang empal, ditambah dengan urap-urap. Untuk minumnya saya memesan es blewah dan mas Kholik memesan Beras Kencur. Ga sampai 5 menit, semua makanan dan minuman sudah tersaji. Ekspektasi saya terlalu berlebihan untuk makanannya. Kalau di gambar, udangnya melimpah sedangkan makanan di hadapan saya lebih banyak tepungnya dan di lidah saya terlalu asin. Empal dagingnya kecil. Urap-urapnya juga sedikit sekali padahal selisih dengan yang tanpa urap-urap adalah Rp 3000,- (tanggal tua harus perhitungan. Hohoho). Yang saya suka hanya sambalnya yang pedas dan nasi putihnya yang enak. Mau memfoto makanannya ga enak dilihatin terus sama waitress yang nongkrongnya di samping meja saya. Kami mempercepat makan siang di sini, karena kasihan melihat pengunjung lain yang antri untuk mendapatkan tempat duduk.

IMG-20130926-00609

plat nama

Info

Alamat : Jalan Dharmahusada 140, Surabaya

Telepon : 031-5920996

Penilaian (5.2/10)

Rasa                       : 6/10

Tampilan              : 5/10

Harga                    : 3/10

Pelayanan           : 8/10

Atmosphere      : 4/10

Nyam-nyam di Kepiting Cak Gundul

Saya selalu tidak bisa mengelak kalau diajak berburu kuliner, apalagi kalau menu utamanya kepiting. I love seafood ❤ . Kali ini yang saya kunjungi adalah Kepiting Cak Gundul. Tempat makan ini lumayan tersohor dan sudah mendirikan cabang di Jakarta, Surabaya, Semarang dan Jogja. Padahal dulunya saat berdiri tahun 1992, Kepiting Cak Gundul hanya berbentuk tenda kecil di pinggiran jalan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kepiting Asam Manis

Menu yang saya pesan adalah kepiting asam manis. Setelah menunggu sekitar 20 menitan sajian pun datang. Wuah, rupanya porsinya banyak banget. Warna saus asam manisnya sangat mencolok. Bagi saya, rasa asamnya sudah pas tapi rasa manisnya terlalu menonjol. Yang paling menyenangkan dari makan kepiting adalah acara membuka cangkangnya. Apalagi daging yang paling saya sukai adalah di bagian capit. Jangan ngaku crab lover deh kalau belum kesini 😛

Info

Alamat: Jalan Raya Surabaya-Malang KM 48 (dekat Masjid Cheng Ho Pandaan)

Telepon : 0343-639989

Penilaian (5.8/10)

Rasa : 8/10

Tampilan : 5/10

Harga : 6/10

Pelayanan : 6/10

Atmosphere : 4/10

Hot n Fresh Pizza Pizza di Pasuruan

Kraton-20130511-00500

Alhamdulillah, akhirnya ada juga yang jualan pizza di Pasuruan. Sebenarnya saya rada ragu masuk melihat kebanyakan pizza yang dijual di kota kecil semacam Pasuruan ini rasanya mengecewakan. Tapi rasa penasaran rupanya mengalahkan semuanya.

IMG-20130511-00497

kursi rasa ice cream 🙂

Kesan pertama saat masuk adalah suasananya homy banget. Kombinasi warnanya juga eye-catching, oranye dan ungu, seperti warna ice cream. Saat saya kesana, sama sekali ga ada orang. Bahkan pelayannya pun tidak stand by di depan. Baru saat saya menekan bel di meja kasir, mereka datang. Pengennya sih saya makan di tempat, tapi melihat pizza yang ditawarkan ukuran standard maka saya memilih untuk dibawa pulang.

Kraton-20130511-00499

pizza-nya kelihatan wah

Saat di rumah, saya buka kardusnya dan pizza-nya di luar bayangan saya seperti roti bantal dengan lebih banyak saos tomat. Pizza yang disini beda. Daging dan paprikanya banyak. Rasanya juga lumayan enak. Orang tua saya yang biasanya ogah makan western food pun doyan memakannya. Untuk ukuran Pasuruan, menurut saya ini pizza yang paling enak.

Info

Alamat : Jalan Raya Soekarno-Hatta 26, Gadingrejo, Pasuruan

Telepon : (0343) 7777979

Penilaian (5.8/10)

Rasa : 6/10

Tampilan : 6/10

Harga : 6/10

Pelayanan : 4/10

Atmosphere : 7/10

Dreams Cafe Malang

Malang semakin berkembang saja. Beberapa bangunan pencakar langit sudah mulai bermunculan. Tapi yang lebih menyenangkan lagi, makin banyak resto baru disini yang artinya semakin banyak resto yang harus saya coba. Untuk kali ini saya akan mencoba Dreams Cafe yang di Jalan Retawu bukan di MATOS.

Bangunannya menyatu dengan sebuah toko buku dan terdiri dari 2 lantai. Lantai 1 dominan dengan kayu, sedangkan lantai 2 lebih modern. Di pintu kaca menuju lantai 2 terdapat stiker peringatan yang berisi tidak boleh memotret tanpa seijin manajemen. Baru saja melihat stiker tersebut, sudah terlihat cahaya blitz di lantai 2. Saya melihat 3 cewek yang sedang berfoto-foto dengan makanannya. Sepertinya benar kata pepatah : Peraturan dibuat untuk dilanggar. Hahaha. Karena ingin melihat suasana jalan Retawu yang sepi, maka saya memilih kursi yang di bagian teras.

IMG_20130625_120250

pemandangan dari lantai 2

Hampir lima belas menit saya menunggu pelayan yang tidak ada jejaknya sama sekali di lantai 2. Saya pun bertanya bagaimana cara memesan makanan pada para cewek yang masih asik berfoto-foto. Salah seorang cewek tersebut bilang, pesannya di lantai 1. Saya pun turun ke lantai 1 dan meminta agar dibawakan daftar menunya ke lantai 2. Saya balik lagi ke lantai 2 dan duduk di kursi saya sebelumnya. Setelah beberapa menit kemudian, pelayan datang dengan bawa daftar menu yang tebal. Pilihannya macam-macam,bisa pilih Indonesian food, Japanese Food, Chinese food dan western food. Saya kemudian memilih fetucinne untuk makanannya dan sirup 3 rasa yang saya lupa namanya.

IMG_20130625_121816

my lunch 😀

Makanannya datang lumayan lama, sampai saya hampir tertidur padahal di lantai 2 hanya saya saja customer-nya. Fetucinne-nya dengan tampilan yang ala kadarnya tanpa ada rempahan dried oregano yang selalu melekat pada masakan Italia. Rasanya: under my expectation. Pastanya hangat tapi topping kejunya dingin jadi berasa aneh saja di mulut. Saosnya juga enek jadinya saya tambahkan saos sambal sachet yang disediakan (sachet lho, bukan botol) yang semakin memperparah rasanya. Untungnya minumannya enak, kombinasi sirup buah-buahan dan soda bikin seger. Setelah habis semua, saya buru-buru langsung bayar di lantai 1 dan keluar untuk membeli cilok gerobakan yang ada di seberang jalan.

Info

Alamat : Jalan Retawu 29 A3-A4 Malang

Penilaian (5.2/10)

Rasa            : 4/10

Tampilan        : 6/10

Harga           : 5/10

Pelayanan       : 3/10

Atmosphere      : 8/10